Produksi adalah kegiatan menghasilkan barang dan jasa
dengan mengkombinasikan faktor-faktor produksi. Sedangkan Manajemen produksi
ialah segala aktivitas yang dilakukan oleh menejer dalam usahanykebutua
memperoleh barang dan jasa. Manajer Operasi adalah area khusus dalam manajemen
yang mengubah atau mentrasformasikan sumber menjadi barang atau jasa. Dalam
melayani kebutuhan orang banyak, katakanlah melakukan jasa dengan orang lain,
kita harus mengetahui kebutuhan orang tersebut, tetapi kita tidak selalu bisa
memenuhi kebutuhan orang tersebut,maka dari itu, diperlukan manajemen operasi.
Dalam proses produksi, istilah form utility ialah nilai tambahan pada sebuah
barang yang sudah jadi. langkah-langkah dalam proses produksi antara lain : 1.
manufaktur proses, yaitu proses pada produksi yang mengubah fisik atau kimiawi
suatu bahan, misal dalam membuat makan pagi dengan menu telur dan kopi, hal
yang pertama kali dilakukan adalah merebus telur. 2.manufktur perakitan, yaitu
manyatukan/mengkombinasikan komponen-komponen yang ada didalamnya, misal telur
digoreng dengan mentega, dan membuat kopi. 3.manufaktur berkelanjutan, yaitu
proses produksi yang berjalan berkali-kali, misal dalam pembuatan makan pagi
dengan menu seperti itu dibuat stiap pagi dan berkali-kali.
Tujuan dari proses produksi dan manajemen operasi ialah
untuk memenuhi kebutuhsn pelanggan sesuai dengan pesanannya.AS telah berhasil
menjadikan perusahaan-perusahaannya lebih kompetitif, karena :
1.manufaktur dan desain yang dibantu oleh komputer. Dalam
menemukan desain yang cocok bagi pelanggan dan mempunyai kualitas tinggi srta
dengan biaya penambahan yang rendah, maka pencarian desain dapat dilakukan
dengan menggunakan komputer.
2.manufaktur yang fleksibel. maksudnya ialah mendesain
mesin untuk mendapatkan banyak tugas sehingga dapat menghasilkan lebih banyak
produk.
3.manufaktur yang ramping.maksudnya memproduksi barang
dengan meminimalkan segala sumber yang ada, sehingga dengan investasi, ruang
manufaktur yang lebih sedikit dapat mengahasilkan output yang maksimal dan
berkualitas tinggi.
4.penyesuaian massa.maksudnya menyesuaikan produk untuk
memenuhi kebutuhan pelanggan individual.
Perencanaan manajemen operasi:
1.lokasi fasilitas.dalam memilih lokasi hendaknya memilih
lokasi yang strategis dan mudah dijangkau oleh masyarakat sehingga akan
berpengaruh juga terhadap produk yang akan kita tawarkan kepada pelanggan.
2.lokasi fasilitas untuk para pemanufaktur.para
pemanufaktur hendaknya memilih lokasi tidak hanya strategis, tetapi juga dekat
dengan tenaga kerja dan bahan mentah, angka kejahatan yang rendah, biaya hidup
rendah khusunya untuk para tenaga kerja agar lebih meminimalkan pengeuaran yang
dikeluarkan .
3.membawa manajemen operasi ke internet.dalam membangun
suatu hubungan dengan perusahaan lain bisa dilakukan dengan cara mengadakan
kerjasama antar perusahaan melalui internet. maka antara perusahaan satu dengan
lainnya dapat bekerjasama untuk perencanaan, pendesainan,pengiriman produk
kepada pelanggan dan lain sebagainya.
4.lokasi fasilitas di masa depan.maksudnya adalah dalam
pemilihan lokasi juga harus mempehatikan masa depan, misal dalam pemungutan
pajak.suatu perusahaan akan pindah dari satu tempat ke tempat lain bahkan dalam
satu negara ke negara lain hanya karena pemungutan pajak yang rendah
dibandingkan dengan tempat lain. jadi dalam penentuan lokasi perlu meninjau beberapa
hal guna untuk memperlancar dan mendapatkan hasil yang maksimal.
5.tata ruang fasilitas.dalam memproduksi barang atau
jasa, penting bagi pemanufaktur untuk menentukan letak atau posisi
barang-barang seperti mesin, peralatan, dan fasilitas lainnya guna menarik
pelanggan dan meminimalkan biaya tentunya.ada beberapa jenis tata ruang,
diantaranya :
a.tata ruang produk/lini praktikum.para pekerja hanya
melakukan sedikit tugas dari satu waktu
b.tata ruang moduler.tim-tim pekerja bergabung untuk
memproduksi hasil akhir yang lebih kompleks.
c.tata ruang proses.mengelompokkan peralatan dan fungsi
yang sama.
d.tata ruang posisi yang tetap. memungkinkan para pekerja
berkumpul disejitar poduk yang hatus diselesaikan.
6.perencanaan persyaratan barang adalah sistem manajemen
operasi yang berbasis komputer dengan menggd.d.unakan ramalan penjualan untuk
memastikan bahwa barang-barang yang dibutuhkan ada pada satu perusahaan.
7.pembelian adalah fungsi sebuah perusahaan dalam mencari
sumber dan pemasok yang terbaik, dan menegosiasikan harga yang terbaik pula.
8.kontrol inventaris yang tepat pada waktunya yaitu
proses produksi dimana inventaris disimpan dalam gudang serta bagian,
persediaan yang lain dikirim tepat pada lini perakitan berikutnya.
9.kontrol kualitas.secara kualitas memproduksi apa yang
diinginkan pelanggan dan meminimalkn kesalahan sebelum dan sesudah pengiriman
kepada pelanggan.perusahaan tidak boleh hanya menyatakan bahwa kualitas adalah
hasil akhir dari sebuah proses produksi tetapi jadikan kualitas sebagai bagian
dari proses.selain kontrol kualitas, dikenal juga istilah:
a.kualitas sigma enam yang berarti mencegah dan
mendeteksi masalah yang lebih potensial guna untuk mengurangi masalah-masalah
dan kesalahan-kesalahan yang terjadi.
b.kontrol kualitas statistis:proses kontrol seorang
manajer secara kontinu bahwa kualitas telah ditambahkan dalam setiap produk .
c.kontrol proses statistis:proses pengambilan
sample-sample dari komponen-komponen produk dan membuat grafik atas produk
tersebut.
sumber :
http://strategibisnisanda.com/2011/03/25/
Kesimpulan :
Produksi adalah kegiatan menghasilkan barang dan jasa
dengan mengkombinasikan faktor-faktor produksi. Manajemen produksi
ialah segala aktivitas yang dilakukan oleh menejer dalam usahanykebutua
memperoleh barang dan jasa. Manajer Operasi adalah area khusus dalam manajemen
yang mengubah atau mentrasformasikan sumber menjadi barang atau jasa.
Perencanaan manajemen operasi:
1.lokasi fasilitas
2.lokasi fasilitas untuk para pemanufaktur.
3.membawa manajemen operasi ke internet.
4.lokasi fasilitas di masa depan.
5.tata ruang fasilitas.
6.perencanaan persyaratan barang
7.pembelian
8.kontrol inventaris
9.kontrol kualitas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar