Senin, 22 Oktober 2012

PIDATO - LINGKUNGAN HIDUP


     Assalamualaikum Wr. Wb
        
         Yang saya hormati Bu Nyami,
         Dan yang saya sayangi teman-teman semuanya,
        
         Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah menumpahkan rahmat dan nikmat kepada kita semua, sehingga sampai saat ini kita bisa berkumpul bersama.
         Pada kesempatan hari yang berbahagia ini, kita bisa berkumpul bersama memperingati hari Lingkungan Hidup. Peringatan ini bukan saja diperingati oleh kita di sini, tetapi juga diperingati oleh masyarakat dunia. Hari ini para pakar lingkungan berkumpul membahas dampak-dampak ekploitasi, polusi, pembangunan dan lain sebagainya, terhadap lingkungan hidup di muka bumi ini. Mereka sangat peduli terhadap lingkungan hidupnya. Akankah kita disini memperlakukan lingkungan dengan semena-mena?  Sebagai contoh misalnya, terjadi bencana seperti banjir, kebakaran hutan, atau krisis sumber daya, kita tidak segera menanggulanginya. Hal ini menandakan tapi biasanya mencari kambing hitamnya terlebih dahulu baru kemudian menanggulangi. Hal ini menandakan bahwa pola pikir kita sudah terbalik.
         Teman-teman sekalian
         Dalam upaya memanfaatkan sumber daya alam hendaknya kita juga memperhatikan dampak lingkungan sebagai akibat dari pemanfaatan sumber daya alam tadi. Memang di satu sisi kebutuhan hidup manusia sudah semakin mendesak dan harus segera di penuhi, namun di lain pihak kerusakan lingkungan semakin bertambah parah akibat eksploitasi yang tak terkendali. Sangat di sayangkan apabila dalam dua atau tiga generasi mendatang sebagian wilayah Indonesia berubah menjadi padang ilalang. Kuningnya padi dan kicauan burung tidak lagi terlihat dan terdengar berubah fungsi menjadi gedung-gedung kantor, apartemen, pusat perbelanjaan, perumahan dan sebagainya. Sebab pembangunan fisik yang tak terkendali dapat merusak habitat makhluk hidup lainnya dan memutus mata rantai dari suatu ekosistem,  bila lingkungan telah rusak maka kita sendiri yang akan menanggung akibatnya nanti.
         Oleh karena itulah, mulailah dari sekarang ini untuk menjaga dan merawat serta melestarikan sumber daya alam agar tidak di manfaatkan untuk kepentingan semata tanpa memperdulikan dampak lingkungan yang ditimbulkan. Sebab setiap makhluk hidup mempunyai hak hidup yang sama di mata Sang Pencipta. Memang manusia lebih berkuasa atas tanaman dan hewan, tapi hendaknya manusia tidak merampas hak hidup dari hewan atau tanaman hanya untuk kesenangan atau keuntungan semata.
         Untuk itu, teman-teman sekalian, sudah saatnya kita berpikir tentang bagaimana menyelamatkan dan melestarikan lingkungan hidup kita ini yang sudah terlanjur rusak. Dengan demikian anak cucu kita tidak menanggung beban terlalu berat akibat keserakahan kita saat ini!!!
         Demikian pidato saya kali ini, yang dapat saya sampaikan. Mudah-mudahan bermanfaat dan dapat mencegah terjadinya kerusakan lingkungan hidup yang lebih parah lagi. Mohon maaf jika ada kata-kata saya yang kurang berkenan di hati teman-teman semua.
         
         Wassalammualaikum Wr. Wb.

                                                                                         







                                                                                                                       Dewi Asmarani


Tidak ada komentar:

Posting Komentar